Friday 29 January 2016

EAST JAVA TRIP: First day

Zoom Hotel, Surabaya
Assalamu'alaikum beautiful souls !

Mengawali awal tahun 2016 dengan mengucap syukur sebanyak-banyak nya kepada Sang Maha Baik Allah SWT. januari is coming, it means 'my month' is coming too. coba yang januarians mana suaranyaaa! hehe

Alhamdulillah tanggal 10 januari kemarin aku genap berusia dua puluh satu tahun (ups tambah tiga deng!) :p, gak terasa usia sudah semakin bertambah. harusnya semakin bertambah dewasa juga dong ya, amin!

masih banyak harapan dan cita-cita yang belum terwujud, tanpa mengurangi rasa syukur ku kepada Sang Maha Baik. gak henti-henti nya aku mengucap syukur karena Allah selalu memberikan segala sesuatu seperti kenikmatan dan kebahagiaan yang pasti nya gak bisa aku sebutin satu persatu. Alhamdulillah, beberapa wish list ku sudah ada yang tercapai di tahun kemarin.  semoga apa yang menjadi wish list ku di tahun ini dikabulkan dan di beri kemudahan jalan nya juga oleh Allah SWT. amin

Ngomong-ngomong masalah ulang tahunku, orang tua ku emang yang paling jago bikin anak nya meleleh diabetes, bukan di gombalin atau apa loh ya :D! setiap tahun di keluarga kami memang gak pernah ada yang nama nya membuat perayaan khusus untuk ulang tahun atau sejenisnya. tapi berhubung tinggal aku sendiri anak nya bapak ibu yang masih tinggal di rumah, jadilah setiap ulang tahunku, bapak ibu selalu coba kasih surprise cake (walaupun selalu gagal, karena pasti ketauan aku). Nah,  tahun ini beda banget, tadi nya aku udah ge-er kalo mau di kasih surprise cake.
ternyata seminggu sebelum ulang tahun ku ada rapat keluarga, dan memutuskan kalo sehari sebelum ulang tahun ku kakak ku mau mengadakan acara lamaran ke rumah calon istri nya!~~~

seminggu berselang dari acara lamaran kakak ku. aku di kejutkan oleh orang tua ku setiba nya aku pulang kantor. tiba-tiba bapak ibu memberikan ku tiket dan beliau-beliau bilang kita bertiga (bapak, ibu dan aku) akan berlibur ke Bromo, Jawa Timur! *meleleeeeeh*
yang tadi nya sampe rumah kelaperan, tiba-tiba langsung kenyang coba! :p

ALLAH BAIK BANGET

*cium bapak ibu satu-satu*

*peluk kenceeeeeeeng*

Akhirnya Jum'at kemarin kami bertiga berangkat ke Surabaya. kenapa gak langsung ke Malang? sedihnya,  tujuan utama kami ke Bromo harus di cancel karena gunung Bromo meletus dan erupsi besar-besaran. jadilah Bandara Abdul Rachman Saleh di tutup, wilayah terdekat dan paling memungkinkan dari malang ya kota Surabaya. karena mendadak tiket pesawat menuju Surabaya habis. jadilah kita berangkat naik kereta, hikmahnya kita bertiga bisa nostalgia. karena waktu saya kecil dulu kami sering sekali mudik dengan kereta via Stasiun Gambir.

Sembilan jam perjalanan dan akhirnya sampai di stasiun Tugu Surabaya disambut dengan hujan deras. adem tenan rek! karena sampe Surabaya udah malem. yaa sekitar jam delapan-an, akhirnya kita memilih untuk bermalam di Zoom Hotel, Surabaya. berniat melanjutkan perjalanan di keesokan hari nya. Hotel nya kece banget loh manteman.
konsepnya clean minimalist gitu, anak muda banget lah pokoknya!

Waiting Room Zoom Hotel, Surabaya

Hotel nya gak begitu besar, minimalis tapi arsitektur nya 'chic' binggo! karena habis breakfast aku langsung cuss, sayang nya aku ga banyak hunting foto di hotel ini. berhubung aku juga bukan orang yang mahir di dunia arsitektur, aku gak akan bahas tentang aristektur hotel nya kok, hehe!

FIRST DAY............

First day banget, aku city tour! sounds like 'anak SD' yang lagi study tour gak sih? hehe. ah biarlah, karena bapak ibu ku pake jasa travel, jadilah aku ikutin aja apa yang travel nya kasih. mulai dari mengunjungi Icon kota Surabaya yaitu patung Suro dan Boyo, kebun binatang Surabaya, Tugu Pahlawan, kulineran makanan khas Surabaya (Rujak Cingur & Lontong Balap) sampai ke Taman Bungkul yang terletak di Jalan Darmo.
sampai sekitar jam sebelas-an, city tour keliling kota Surabaya selesai. Akhirnya kami melanjutkan perjalanan ke Madura via Jembatan Suramadu. aku sempat shoot beberapa foto jembatan dari dalam mobil, tapi hasil nya blurrrrr semua :'''((, karena kan kendaraan gak boleh berhenti sepanjang jembatan, apalagi cuma buat foto-foto. sesampai nya di Bangkalan Madura, kami makan siang di Bebek Sinjai, endessss top markotop, pedeeeesssss, ah gitu lah pokoknya.

Selepas makan siang kami bertiga, eh gak bertiga deng, berlima sama orang travel nya juga, hehe. kami berangkat menuju tempat kerajinan Batik khas Madura, Maduratna nama nya. disana memproduksi kain batik khas Madura, gak cuma kain nya aja, segala kerajinan dengan basic kain batik Madura juga mereka buat. ada pakaian batik khas Madura, pahatan patung-patung, lukisan, dan masih banyak lagi. di Maduratna juga ada resto yang bersebelahan dengan outlet nya yang menjual kuliner khas Madura.

Setelah dari Madura kami menuju Masjid Sunan Ampel, kalo ini request khusus dari bapak ku. kata nya bapak ku mau ziarah dan berdoa langsung di sana. bapak ku memang tipe yang suka banget kalo mempelajari sejarah-sejarah, silsilah ulama-ulama dan semacam nya.
contoh nya aja, kalo keluarga kami lagi ziarah ke makam mbah utri, kakung dan buyut-buyut di yogya, bisa satu komplek makam kita datangi satu persatu, bapak selalu mengajak berdoa di setiap makam dan menjelaskan silsilah nya ke kami anak-anak nya,  agak unik ya beliau :)). selepas dari Masjid Sunan Ampel, kami langsung menuju kota Malang, karena weekend dan pasti nya macet, jadi kami cukup mempersiapkan waktu menuju Malang karena menurut pihak travel nya pasti ke arah sana akan macet. Ohya kota Malang ini kalo di jakarta tuh kaya wilayah puncak, jadi destinasi favorit bagi warga di kota sekitar nya.

Sewaktu menuju kota Malang, kami melewati daerah Tanggulangin, Sidoarjo. yap wilayah tanggul Lumpur lapindo, 'lumpur fenomenal' yang menjadi salah satu musibah terbesar sepanjang sejarah pengeboran minyak dan gas di negeri ini.  bapak request untuk berhenti di tanggul tersebut dan mau melihat langsung sumber semburan lumpur tersebut. sayangnya, sewaktu mau masuk tanggul banyak, maaf, 'preman-preman' pungli yang memungut biaya untuk masuk tanggul tersebut.

Tanggul nya amat sangat tinggi, jadi kami harus menaiki beberapa (banyak) anak tangga. sesampai nya di puncak tanggul, Subhanallah........ lautan lumpur terhampar di sepanjang mata memandang, Ya Allah..... ini kuasa Mu, ini Takdir Mu, ini Ujian dari Mu atau kah ini peringatan dari Mu.

Al-fathihah.......................

Sedih banget liat kondisi seperti itu, menurut informan yang kami temui di TKP, musibah lumpur ini merendam sedikitnya 3 Kecamatan, kurang lebih puluhan desa. dan ratusan kepala keluarga. merindinggggggggggggg....... :"((( kita tinggalkan cerita lumpur lapindo, dan melanjutkan perjalanan di malang, sambil mendoakan semua warga dan keluarga yang menjadi korban musibah lumpur itu.

KOTA BATU MALANG, JAWA TIMUR.......

Sesampai nya di kota Malang, kami langsung ngerasa kedinginan bangetttttt. tiba di malang kita langsung makan malam, melewati Jatim Park II, kami langsung menuju BNS Batu Night Spectacular.

Batu Night Spectacular, Malang, East Java

Batu Night Spectacularmostly di sini semua wahana, gedung-gedung dan apapun yang ada di sini pasti di hiasi full lampion warna-warni gitu. kalo buat anak kecil pasti seneng banget yaaaaa! aku gak sempet naik wahana apa-apa, saya sadar umur sodara-sodara, hehe.
tapi kami sempat bermain beberapa games yang ada di sini, berfoto-foto dengan icon BNS seperti manusia gold, silver, dan miniatur monster-monster BNS hehe. lucunya bapak ku sempat 'nantangin' ngajak masuk ke rumah hantu gitu. engga deeeeh yaaa :P

sudah puas main, belanja cinderamata, kaos-kaos dan lain nya. kami menuju Horison Hotel Malang, tempat kami bermalam.
Dingiiiiiiiiiiiiiiiiiiin banget ya Kota Batu, Malang. pokoknya nagih binggo deh liburan disini, walaupun sebelas duabelas sama puncak Bogor tapi Kota Batu Malang lebih bersih udara nya dari puncak. bukan promosi loh, tapi serius deh udara nya 'ngademi ati tenan' relaaaaax~~~~

to make the story short, kalo di suruh milih Malang atau Surabaya aku akan lebih milih kota Malang loooh. Malang tuuuuh bisa jadi destinasi buat para newly wed yang mau liburan bareng pasangan tercinta, atau yang mau ngerencanain liburan bareng keluarga. Kota Batu Malang jadi good idea juga kok buat destinasi kamuuu. untuk next destination ku di Jawa Timur, stay tuned terus ya di SEMPLICE. matur nuwun sing katah 'nggih udah sempetin baca blog ku