Sunday 7 February 2016

what's more calming your heart than reading Surrah Ar-Rahmaan?

 Surah Ar- Rahman

Assalamu'alaikum


what more calming your heart than reading Ar- Rahmaan frequently? for me, Surah  Ar-Rahmaan becomes a 'heart medicine'. Surah Ar-Rahmaan is what i always read in any condition of my heart. there is a calm feeling while and after reading, although often while pouring tears, after that i definitely feel relieved. :""))





kalo lagi cengeng begini bawaan nya buru-buru ambil pocket Al-qur'an, langsung saya buka surrah ke 55 yang ada di al-qur'an ini. 
ngademi ati ......... itu yang pasti saya rasain setelah baca Surrah yang luar biasa ini. tanpa mengesampingkan keutamaan dari surrah yang lain yang terdapat di Al-qur'an, surah ini menyita perhatian saya. dulunya, saya baca Surrah Ar-Rahmaan kalo lagi sedih aja. tapi, Alhamdulillah sekarang in any condition saya coba sempatkan baca Ar-Rahmaan.



Surrah Ar-Rahmaan ini jadi Surrah ter-favorit saya. banyak teman yang saya temui dalam setiap kajian, juga sependapat dengan saya. beragam alasan kenapa menjadi kan Surrah ini favorit. kalo buat saya makna yang terkandung di dalam nya sangat 'mengena' di hati, di tambah lagi kalo sudah kita baca, susunan nya terdengar seperti suatu sya'ir yang sangat indah dan tak terasa air mata menetes deras. entah ini cuma saya aja yang merasakan nya atau kalian juga merasa kan hal yang serupa! Masha Allah..........


Surrah Ar-Rahmaan ayat 25-34




FABIAYYI ALAA 'IRAABIKUMAA TUKADZDZIBAANN

 (maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan)



salah satu yang menjadi ciri khas dari surrah Ar-rahman adalah pengulangan ayat yang  di atas sebanyak 31 kali. jika kita lihat dari arti nya dan kenapa berulang!!! 
Di dalam surat Ar-Rahman terdapat pembahasan mengenai beragam nikmat-nikmat dari Allah SWT yang telah dan akan diberikan kepada makhluk-makhluknya, terlebih khusus kepada golongan jin dan manusia. Yaitu nikmat-nikmat kehidupan di dunia dan nikmat-nikmat yang akan diberikan di surga apabila kita dapat memasukinya.



belum lama, saya di hadiahkan oleh seorang sahabat baik saya kak kiki dwi jayanti sebuah Al-quran for Akhwat "UMMUL MUKMININ" beserta terjamahan dan penjelasan nya. dan berikut ini adalah manfaat dari membaca Surrah Ar-Rahmaan yang terdapat di Al-quran tersebut:
  1. Mengingatkan diri kita kepada sifat Ar-Rahman milik Allah, yaitu Maha Pengasih. Allah senantiasa mengurus kebutuhan makhluk-makhluk yang walaupun mereka seringkali lupa kepada-Nya.
  2. Memberi tahu serta mengingatkan bahwa selain kita, terdapat makhluk Allah lainnya yang juga diberikan kewajiban untuk beribadah kepada Allah, yaitu golongan jin.
  3. Memberikan motivasi berharga kepada kita agar supaya terus bersemangat beribadah kepada Allah, karena balasan bagi orang yang berbuat kebaikan tidak lain hanyalah kebaikan pula, yakni surga yang penuh dengan kenikmatan.
  4. Mengingatkan kepada kita agar tidak kufur nikmat. Yaitu melupakan nikmat-nikmat yang diberikan oleh Allah, bahkan cenderung merasa apa yang ia dapat sekarang hanyalah hasil dari usahanya sendiri. Dan inilah sepertinya pesan yang paling ditekankan dalam surat Ar-Rahman.


 Masha Allah..................... Maha benar Allah SWT dengan segala firman Nya.


Allah, Allah, Allah dan hanya Allah lah sebaik-baik pelindung dan pemberi pertolongan. hanya Allah lah yang Maha pengasih lagi Maha penyayang. semoga kita semua menjadi hamba Nya yang selalu pandai bersyukur, selalu merasa qanaah, semakin menjadi muslim/muslimah yang taat dan selalu dalam kasih sayang Nya. amin allohuma amin :))
semoga semakin sering baca Ar-rahmaan nya dan pasti nya surah-surah indah lain nya di al-quran. 



Special thanks for YAGIS ( Yayasan Abdul Gaffar Ismail) melalui tante Ida Ismail dan juga om Nazzarudin Nasution yang sudah memberikan saya sebuah pocket yasin / memoriam book. untuk mengenang 100 tahun K.H. Abdul Gaffar Ismail. tante Ida Ismail adalah salah satu pendiri KOHATI dan om Nazzarudin adalah mantan duta besar Indonesia untuk negara kamboja era 2000-2003. 
K.H Abdul Gaffar Ismail sendiri adalah ayah kandung dari tante Ida Ismail.



There are no words that i can say anymore except both of you and your family are extraordinary. May Allah gives you and all of your family a health, happiness and abbundant, amin Allohuma amin.



semoga postingan saya bermanfaat yaa
matur nuwun sanget 'nggih







Wassalam


galih angel puspa mentari 

No comments:

Post a Comment