Thursday 10 December 2015

KENAPA MEMILIH JURUSAN RADIOLOGI?



Assalamualaikum everyoneeee!


udah bosen kayaknya yaa setiap liat postingan aku selalu minta maaf  karena jarang update blog ku heheu. kali ini aku gak minta maaf deeeh :p


berhubung lagi searching-searching scholarship alias beasiswa dan lagi googling apa-apa aja yang berhubungan dengan kelanjutan studi ku. tiba-tiba aku kepikiran buat ngejelasin kenapa aku memilih menjadi seorang Radiografer dan juga kenapa mengambil jurusan perkuliahan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi alias orang awam menyebutnya jurusan Radiologi? eng ing eng.........................



Berawal dari pertengahan 2009, sewaktu lagi hectic-hectic nya prepare buat persiapan Ujian masuk perguruan tinggi negeri ini dan itu. sebenernya aku sudah cukup aman karena sudah terdaftar menjadi calon mahasiswa baru di Institut Pertanian Bogor jurusan managemen agri bisnis melalui jalur prestasi atau pada saat itu dikenal dengan istilah PMDK/PMDP (biasa nya jalur prestasi pendaftaran nya memang di buka jauh lebih awal di bandingkan Ujian-Ujian Saringan masuk PTN secara umum). 


karena saya sangat terobsesi dengan Oil company dan sejenisnya, jadilah cita-cita saya pada saat itu semoga bisa di terima sebagai mahasiswa jurusan yang berbau TEKNIK yang berhubungan dengan pertambangan, jurusan yang saya pilih untuk ujian saringan masuk mulai dari Teknik Metalurgi, Teknik Kimia, Teknik Fisika dan gak tanggung-tanggung semua nya di UI. Alhamdulillah dari semua Ujian Saringan masuk di UI gak ada satupun jurusan yang saya sebutkan di atas lolos huhu. ya mungkin gak lolos karena belum rezeki hehe. mungkin memang takdir nya begitu (nyenengin diri sendiri) :p.


karena saya tidak lolos menjadi mahasiswa teknik di ujian masuk UI, akhirnya saya mengambil keputusan untuk menjadi calon mahasiswa di IPB. pada saat itu sedih sekali saya gak coba ITB karena bapak saya kekeuh tidak memperbolehkan saya kuliah di luar jakarta dan beliau agak khawatir dengan Bandung (entah apa yang di fikirkan beliau, mungkin karena alasan saya anak bungsu nya). sebagai anak yang selalu berusaha utuk berbakti sebaik mungkin, saya hanya bisa menuruti dan mematuhi apa yang orang tua anjurkan. bagi Bapak mengizinkan saya untuk memilih  IPB pun sebenar-benarnya beliau berat hati.


sewaktu sedang pemberkasan untuk melengkapi persyaratan calon mahasiswa baru di IPB, ternyata ada satu syarat yang cukup membuat bapak saya berat. yaitu sebagai mahasiswa baru IPB mewajibkan mahasiswa nya satu tahun pertama untuk tinggal di Asrama. yaaaa nama nya juga dari awal orang tua udah kurang sreg ada aja yaaa kendala nya! 


sebagai anak bungsu, bisa di bilang saya memang yang paling dekat dengan bapak dan ibu. yaaa mungkin bapak belum siap melihat saya jauh dari mereka. karena kakak-kakak juga sudah menikah, mungkin orang tua saya takut kesepian. hehehe


Qadarullah............ saya lupa tepat nya berapa lama sebelum saya masuk menjadi mahasiswa IPB. tiba-tiba kakak saya yang lulusan Bea dan Cukai STAN baru saja mendapatkan SK penempatan dinas dan kakak saya di tugas dinas kan di Bima, Nusa Tenggara Barat untuk waktu yang belum bisa tentukan berapa lama nya. tambah drop lah bapak saya mendengar kabar itu. oh iya kami itu empat bersaudara, kakak pertama dan kedua sudah menikah. sisa nya tinggal saya dan kakak laki-laki yang lulusan STAN itu. akhirnya setelah di bicarakan, saya lah yang harus mengalah untuk tetap stay di jakarta menemani bapak ibu dan saya harus mengurungkan niat saya untuk menjadi mahasiswa di IPB.


lagi-lagi karena saya hanya ingin menjadi anak yang berbakti (terserah kalo ada yang suudzon) hehehe. saya akhirnya mengikhlaskan keputusan itu. lagi-lagi saya harus mengurus dari awal dan mencari perguruan tinggi di jakarta. Alhamdulillah nya guru BP saya sewaktu SMA selalu memberikan informasi-informasi dan mengarahkan murid-muridnya sampai benar-benar mendapatkan PTN yang sesuai dengan harapan. Akhirnya jatuh lah pilihan saya di kampus tercinta POLTEKKES KEMENKES JAKARTA. 


awalnya buat saya agak asing di telinga nama kampus ini, ternyata kampus ini di bawah Departemen Kesehatan dan beberapa tahun sebelumnya lulusan nya langsung ikatan dinas dengan DEPKES gak tau apa yang menyebabkan sekarang sudah gak ikatan dinas lagi. di kampus ini ada tujuh jurusan dan saya sepakat dengan orang tua untuk memilih jurusan D3 Radiologi. Alhamdulillah nya lagi-lagi saya bisa masuk PTN ini melalu jalur prestasi alias PMDK, jadi gak perlu melewati tes-tes lagi karena gak di pungkiri sempet kecewa dengan keputusan orangtua jadi agak males untuk ikutin berbagai macam tes (manusiawi lah yaaaa :).... ).  banyak temen ku yang nanya, kenapa sih gal gak langsung S1 atau yang setara seperti D4? jadi di POLTEKKES ini pada waktu itu, kalo mau lanjut D4 harus mejalani studi D3 dulu, karena D4 itu sudah spesialiasi imaging alias sudah lebih spesifik lagi. 


Awal perkuliahan rasa-rasa nya mau keluar aja dari kampus pingin pindah, gak sanggup karena kebanyakan mata kuliah basic nya di dominasi sama bahasa latin dan inggris. kalo bahasa inggris masih di toleransi, naaaaaah bahasa latin? NYERAH! mama yang selalu kuatin saya buat tetap bertahan, sampai akhirnya Alhamdulillah saya bisa lulus. setelah lulus D3 saya langsung buru-buru mengurus persyaratan pendaftaran untuk lanjut D4. lagi-lagi takdir Allah berkata lain, RSPP menjadi rezeki saya. dan sampai sekarang saya menjadi Radiografer. gak pernah kebayang banget, cita-cita menjadi seorang engineer di perusahaan Oil and Gas harus terganti kan. tapi kembali lagi, yang terbaik menurut kita belum tentu terbaik di mata Allah tetapi yang terbaik di mata Allah sudah pasti yang terbaik untuk kita. meskipun sebagai manusia biasa terkadang kita tidak bisa menerima Qadarullah.


Mungkin bagi sebagian orang (orang awam), radiologi hanya sebatas radiologi konvensional x-ray atau yang biasa di sebut dengan Rontgen. gak di pungkiri dulu saya juga mikirnya begitu kok.  padahal modalitas dari radiologi itu banyak sekali seperti CT Scan, MRI, Kedokteran Nuklir, PET Scan, Radioterapi, USG, dan masih banyak lagi radiologi intervensional yang lain. sebagai orang yang dulu sempet awam dengan dunia pe-radiologi-an, Alhamdulillah saya bersyukur dengan takdir yang Allah berikan untuk saya. bisa di bilang ilmu radiologi masih jarang sekali peminatnya, mungkin karena khawatir dengan bahaya "radiasi" ataupun kebanyakan orang tau nya kalo petugas kesehatan cuma sebatas dokter, perawat ataupun bidan saja. tapi setelah saya pelajari, saya malah bersyukur sekali Allah memberikan jalan kepada saya  menjadi seorang radiografer.



ya begitu lah kurang lebih nya perjalanan menjadi seorang radiografer.  semoga bermanfaat ya mentemen. sekarang aku mau lanjut gooling lagi, doakan semoga lancar ya niatan ku untuk lanjut kuliah, amin.





wassalam, with love








galih angel puspa mentari.







82 comments:

  1. kak mau tanya, kalu misalnya ambil D3 radiologi S1 nya ambil apa ya kak? dan keman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. S1 nya bisa langsung lanjut D4 radiologi juga (setara dengan S1) dengan spesifikasi dan prodi lanjutan, pilihan nya ada spesifikasi ke USG, CT scan, MRI, kedokteran Nuklir, dan Radioteraphy. atau kalau kamu mau S1 nya bisa lanjut ambil jurusan Kesehatan Masyarakat, K3 (Health and environment) , Fisika medis, dan jurusan2 yang ada di FKM :)

      Delete
  2. S1 nya bisa ambil jurusan radiologi juga, bisa juga fisika medis atau fisika teknik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. S1 nya bisa langsung lanjut D4 radiologi juga (setara dengan S1) dengan spesifikasi dan prodi lanjutan, ada spesifikasi pilihan jurusan nya seperti D4 USG, CT scan, MRI, kedokteran Nuklir, dan Radioteraphy. atau selain itu kamu juga bisa S1 nya bisa lanjut ambil jurusan Kesehatan Masyarakat, K3 (Health and environment) , Fisika medis, dan jurusan2 yang ada di FKM :)

      Delete
  3. S1 nya bisa ambil jurusan radiologi juga, bisa juga fisika medis atau fisika teknik..

    ReplyDelete
  4. kak mau nanya aku lulusan smk farmasi tapi aku penasaran sama jurusan radiologi kira kira gimana ya ka?

    ReplyDelete
  5. waktu jaman aku sih masih boleh ya! apa ga lebih baik kamu lanjut jurusan farmasi juga ya ? sayangkan ilmu nya hehe :)
    tapi kalo kamu tertarik radiologi boleh-boleh aja kok. di coba aja, ini aku kasih info link kampus ku yaaa
    http://www.poltekkesjkt2.ac.id/

    ReplyDelete
  6. Kak yang kedokteran nuklirnya bukannya itu pprogram lanjutan buat S3 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang S3 itu lanjutan dari dokter Spesialis Radiologi nya, kalo dokter spesialis kan S2 nah sub-spesialist nya itu
      (Sp.Rad. Kn) alias dokter spesialist Radiologi Kedokteran nuklir. kalo profesi radiografer kaya aku gini, pelaksana pemeriksaan kedokteran nuklir nya :)

      Delete
    2. Jadi abis selesai D4 radiologi bisa lanjut pendidikan kedokteran nuklir ? Gelarnya apa kak?

      Delete
  7. iya kak agak melenceng sih sebenernya, kemaren udh sempet daftar di poltekkes yg farmasi tp dapet cadangan, yaa emang belum rezeki nya di sana kali ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lagi aja ! kalo udah di coba lagi belum dapet mungkin memang passion nya di jurusan yang lain :) semangaat

      Delete
  8. Klau d3 radiologi lanjut ke s1 fisika medik itu dmn aja adanya kak? Bingung kampusnya dimana aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kooooo! ada Fisika Medis di UI, UNDIP juga okeee. banyak temen-temen ku lanjut disana.

      Delete
  9. Kak kalau D3 radiologi, pas mau lanjut D4 nya itu ada pilihan jurusan ya? Kira2 kalo mau lanjut D4 jurusan USG prospek kerjanya sama kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai maaf banget baru bales, kalo untuk prospek kerja kalo mau tetap jadi radiografer ya sama. tapi seenggaknya kita punya ilmu tambahan untuk imaging USG, kalo km mau jadi aplicant USG juga bisa

      Delete
  10. Kalo d3 radiologi mau lanjut ke kedokteran nuklir itu s1? Dan jadinya sebagai apa? Dan kalo lanjut fikdis di ui persyaratannya susah ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya baru bales. lebih baik lanjut Fisika aja supaya bisa mendalami dosis dan lain sebagai nya. :)

      Delete
  11. Kalo d3 radiologi mau lanjut ke kedokteran nuklir itu s1? Dan jadinya sebagai apa? Dan kalo lanjut fikdis di ui persyaratannya susah ga?

    ReplyDelete
  12. Kak kira2 kalo ambil jurusan radiologi itu harus banyak baca gk sih? Terus bukunya juga tebel2 kaya kedokteran juga gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya buku nya tebel-tebel, kebanyakan bahasa inggris (ini serius looh ) hehe, anatomi nya pake bahasa latin :)

      Delete
  13. Kak kira2 kalo ambil jurusan radiologi itu harus banyak baca gk sih? Terus bukunya juga tebel2 kaya kedokteran juga gk?

    ReplyDelete
  14. Kak, kan sekarang sama masih SMA kelas 12 nih. Saya mau lanjut ke jurusan Radiodiagnostik dan radioterapi di poltekkes jakarta 2. Saya ingin ke D4. Itu boleh langsung kan? Atau harus D3 dulu baru D4? Makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luckyly, kalo untuk angkatan sekarang udah bisa langsung D4 kok. good luck ! :)

      Delete
  15. kak kalo mau lulus pmdk radiologi nilai mata pelajaran apa yang harus tinggi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa nya syarat nya pelajaran IPA, bahasa inggris dan indo nya juga. good luck! semoga bisa pmdk ya dek :)

      Delete
  16. Kak kalau ambil jurusa radiologi itu harus ambil kedokteran dulu kah untuk progam studi radiologinya??....makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang ambil kedokteran dulu, itu spesialis radiologi nama nya (it means dokter nya). kalo aku profesi nya radiografer jadi langsung dr SMA :)

      Delete
  17. Kak kalo di radiologi ini mau kerja harus lebih dari D3 kah? Atu tergantung tempatnya?
    Maaf klo pertanyaannya aneh soalnya baru mau masuk ke perkuliahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu lagi kuliah di radiologi ratna? standar untuk menjadi radiografer minimal D3 . enjoy your lecture ! :)

      Delete
  18. Kk aku mw nanyak nih, saya kan ahaaiswa ATRO Aceh, kn dsini akreditaa kmpus masi C, klo lanjutin ke d4 di jakarta akeditas kampus mmpengaruhi gk bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. akreditasi kampus ga berpengaruh kok, kalo mau lanjut D4 di kampus ku di jakarta yang penting memenuhi persyaratan nya aja. untuk syarat bisa langsung liat di web www.poltekkesjkt2.ac.id

      Delete
  19. Kak saya boleh nanya gak? Saya ngelanjutin kakak saya dalam jenjang ilmu radiologi, nah kira2 kalo sma pelajarannya apa aja yg diperlukan nanti... See you again

    ReplyDelete
    Replies
    1. ilmu radiologi itu kebanyakan fisika, di semsester awal masih fisika murni semester lanjut baru pelajarin fisika radiasi dll

      Delete
  20. Kak mau tanya yg kakak alami selama jdi radiografer cahaya radiasi itu berpengaruh gak dalam kesehatan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah selama saya kerja belum ada efek apapun dari bahaya radiasi. karena kami bekerja ada safety nya dan kami selalu di pantau dosis per kala nya :)

      Delete
  21. Kak skrng kaka kerja dimana? Oh iya sama pengaruh radiasinya gimana tuh apakah ada jaminan kaya gitu untuk tidak terkena radiasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sekarang kerja di Rs pusat pertamina jakarta, pada dasarnya radiografer itu pekerjaan yang sudah pasti terkena radiasi, tapi setiap dosis radiasi yang di terima oleh petugas selalu terpantau :)

      Delete
  22. Ka aku mau nannya apa aja sih yang dipelajari diperkuliahan d4 radiologi ? Terus katanya sih kita kayak belajar lagi seperti sma kita dikasih materi bukannya kita yang nyari materi beer atau tidak kak? Tolong dibales kak

    ReplyDelete
  23. Ka aku mau nannya apa aja sih yang dipelajari diperkuliahan d4 radiologi ? Terus katanya sih kita kayak belajar lagi seperti sma kita dikasih materi bukannya kita yang nyari materi beer atau tidak kak? Tolong dibales kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di jaman ku dulu sebelum D4 kan harus kuliah D3 radiologi dulu dan kalo mau lanjut D4 after D3 itu nama nya alih jenjang,

      nah kalo sekarang D4 radiologi sudah ada yang bisa langsung dari lulus SMA, dan yang di pelajari sama seperti D3 radiologi beda nya hanya yang D4 sudah ada spesifikasi peminatan nya :)

      Delete
  24. ka aku msih blum ngerti nih :( kalo radiografer itu ngapain aja sih ka? biasamya radiografer ditempatkan menjadi apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. radiografer itu petugas radiasi yang bekerja di instalasi radiologi. petugas yang melakukan pemeriksaan konvensional (rontgen), CT sacn, MRI, kedokteran nuklir, radioterapi dll

      Delete
  25. Dari d3 teknik elektromedik, nyambung gak kalo masuk s1 radiologi

    ReplyDelete
  26. kak untuk gaji seorang lulusan d4 radiologi itu seberapa ya kak, ini saya keterima d4 radiologi di salah universitas cukup terkenal, tapi saya agak ragu untuk prospek kerja jurusan radiologi... mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi adam, kalo boleh tau"universitas terkenal" nya apa ya?
      hehe

      kalo masalah gaji itu tergantung dari tempat kamu bekerja nanti nya :)

      Delete
    2. kak kalau itu kan setelah d4 katanya bisa jenjang ke kedoketeran nuklir la itu setelah di kedokter nuklir s3 nya spealis radiologi kedokteran nuklir ? itu setara sama dokter2 di indonesia apa engga ya kak ???

      Delete
  27. Kak Gajih d3 radiologi berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gaji itu tergantung rumah sakit atau instansi kamu bekerja :)

      Delete
  28. kakkkk, di radiologi condongnya ke biologi atau fisika atau kimia kah? dituntut harus pandai soal hitungan gak? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi airin, hmmm kalo menurut ku di radiologi itu lebih condong ke fisika, tapi juga banyak hafalan anatomi :)

      Delete
  29. Kakak?? Apakah lulusan ATRO bisa lanjut ke kedokteran? Dan kalau bisa mungkin kah dia bisa menjadi dokter spesialis radiologi?

    ReplyDelete
  30. Kak mau nanya saya ambil d4 jurusan radioterapi dan ingin lanjut untuk s2, kira kira jurusan apa yg menerima d4 radiologi kak? Apakah jurusan fisika medis atau kesehatan masyarakat bisa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo ka. Aku mau nanyaaaa nih tentang poster radiologi yg bertema deteksi dini penyakit dengan pemeriksaan radiologi dan radiasi yg bersahabat.. Mohon bantu ya ka..
      Makasih

      Delete
  31. Kak mau nanya? Insya Allah saya mau ambil d bidng radiologi, tapi saya masih bingung, apa bedanya jurusan radiologi dengan spesialis radiologi??, makasih kak

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. kak universitas jurusan radiologi di yogya yg bgus dimana ya?

    ReplyDelete
  34. Kak saya mau nanya nih, apakah dari jurusan ips bisa masuk radiologi Kak?

    ReplyDelete
  35. Kak mau tanya, jurusan d3 radiologi kalo mau nyambung d4 harus kerja dulu ya kak?
    Kalo gak kerja gpp gak kak?

    ReplyDelete
  36. Kak mau tanya, kalau SMA nya jurusan ips apa bisa masuk radiologi?

    ReplyDelete
  37. Kak.. Kalau langsung ngambil jurusan Dokter Spesialis Radiologi tanpa d3 Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi dulu boleh gak??

    ReplyDelete
  38. Kak.. Kalau langsung ngambil jurusan Dokter Spesialis Radiologi tanpa d3 Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi dulu boleh gak??

    ReplyDelete
  39. kak mau nanya jurusan ini basic fisikanya harus bagus ya? terus lebih banyak fisika biologi apa kimianya kak?

    ReplyDelete
  40. Kak, bedanya fisika medis sama radiologi apa yaa?

    ReplyDelete
  41. Kak ngga takut sama resikonya? Bagaimana cara menghindari resikonya?

    ReplyDelete
  42. Kak, apakah mata minus bisa menghalangi kita menjadi seorang radiografer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal tidak buta warna aja sih mata minus tidak menghalangi

      Delete
  43. Assalamualaikum kakak,,
    Tahun ini saya mau daftar prodi radiologi untuk snmptn,
    Apa kakak punya saran mengenai PTN terakreditasi A yang ada di indonesia, trims

    ReplyDelete
  44. kak saya gak begitu baik dalam pelajaran fisika, tapi semisal saya ngambil jurusan ini apakah cocok untuk saya?

    ReplyDelete
  45. kak, ips bisa ambil jurusan itu nggak?

    ReplyDelete
  46. kak, untuk tahun 2020 ips masih bisa masuk radiologi apa engga ya ka? dari dulu sy pengen bgt masuk radiologi ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, saya dari farmasi dan sekarang masih mahasiswa baru di Atro Persada Nusantara Bekasi. Teman saya banyak yang kok jurusan SMA nya IPS dll.
      Semangat terus ya !

      Delete
  47. Kak , kalo dari ips masuk jurusan radiologi apa bisa? apa ngak kesusahan waktu ada matkul ipa?

    ReplyDelete
  48. Kl berkacamata bisa masuk jurusan ini ga kkak

    ReplyDelete
  49. kalau smk dan gaada basic ipa karena gaada mapelnya apa bisa masuk radiologi?

    ReplyDelete
  50. Kak, S1 nya jurusan radiologi ada ga?

    ReplyDelete