Sunday 23 August 2015

The Most Delicious Satay that i've ever tasted "Sate Maranggi"

Sate Maranggi Kambing dan Nasi tutuk oncom

Assalamu'alaikum semuanyaaa! Hari Jum'at kemaren aku 'short escape' dari kantor, karena mau mengunjungi salah satu sahabat di kantor yang akan mengadakan resepsi pernikahan (lagi-lagi yaaaaa kondangan :p) di Tasikmalaya, Jawa Barat. aku dan enam teman ku yang lain berangkat start dari kantor sekitar jam sembilan pagi. berhubung kami semua yang ada di mobil belum sarapan, akhirnya kita berencana sarapan di daerah Purwakarta. you know guys, where we will be breakfast? ketauan ya dari gambar sate nya? hehehehe. kita sarapan di 'Sate Maranggi' Cibungur, Purwakarta.


Berhubung kita start masih pagi dan arah tujuan kita berlawanan dengan arah orang-orang kebanyakan yang berangkat kantor. jadi Alhamdulillah, baik jalanan biasa maupun Tol dalam kota sampai Tol-Tol berikutnya sekalipun, jalanan lancar lempeng tanpa hambatan. sampe di daerah Purwakarta sekitar 10.20 an, tempat yang kita tuju buat sarapan masih lumayan 'kosong' (karena katanya yang udah biasa kesini, susah banget buat dapet tempat duduk aja).


Sate maranggi Cibungur  (read: tidak membuka cabang lain. waw!)


masih kosong doooooong ihiy.

Dari kami bertujuh, ternyata cuma aku yang belum pernah makan di sini (kasian banget ya!), sebenernya dari jaman kapan tau orang tua ku udah pernah ngajak untuk berkuliner sate di tempat yang udah 'terkenal enak' ini, bukan cuma keluarga ataupun orang tua ku, temen-temen ku juga udah sering ngajak aku untuk mampir makan disini, tapi entah mengapa dari semua ajakan itu selalu aja gagal dengan pelbagai macam alasan, yang udah kemaleman, yang udah kelewatan exit tolnya, yang akhirnya belok ke tujuan lain, dll. hadeeeeeeeh 


Sampai akhirnyaaaaa  nyobain juga gue sate yang fenomenal ini. kaya apa sih rasa nya sampe waiting list-nya luar biasa! Pas baru duduk langsung ada dua orang bapak-bapak dateng ke meja kita, mereka bawa bungkusan daun pisang gitu. yang satu bentuk bungkusan panjang, dan ternyata itu nasi bakar. dan bungkusan yang kedua ternyata nasi tutuk oncom.


Nama kedua nasi itu gak aneh buat ku. beberapa kali aku juga udah pernah makan, karena udah lumayan banyak tersedia juga di beberapa resto jakarta. alhasil aku lebih tertarik untuk makan nasi tutuk oncom, alesan nya karena berdasarkan pengalaman yang udah-udah rasa nya cukup pedas. pas buku menu dikasih sama mba-mba nya, enam temen ku yang lain rebutan, (yaelah segitunya fikirku!), ternyata mereka kelaperan pemirsa! hehehhe


Menu favorit di "Sate Maranggi Cibungur Purwakarta"  ini adalah sate maranggi kambing, dan es kelapa muda. Sebelum nya aku pikir, seenaknya sate dan es kelapa muda yaaa paling gitu-gitu aja rasanya standar! ternyata dugaan ku salah besar, begitu menu pesanan kami datang. Masha Allah....................... Enak Bangeeet!! susah banget nge-describe rasa dari semua menu yang kita pesan.



nih kaya gini tampilan menu yang ku pesen.

Sate Maranggi Kambing

untuk sate nya, menurut ku bumbu nya juga ngeresep banget. manis-manis nagih gimana gitu hehehe empuk lagi teksur daging nya. yang bikin unik adalah sambel sate nya itu terdiri dari irisan tomat dan ulekan cabe rawit. lagi-lagi aku suudzon. ("yaaaah dimana letak enak nya kalo sambel nya tomat begini? ah ga bakal pedes lah percuma"). daaaan ternyata sambelnya juaraaaa pisan euuuy. ternyata istilah 'do not judge the book by it cover' itu memang benar ada nya! keliatan nya sih irisan tomat sodara-sodara, eh pas di makan, berurai deh tuh keringet sama desis kepedesan, huh hah :p




Es kelapa muda (favorit)

Es kelapa muda nya enaaaaaaak, manis nya pas banget, honestly belum pernah aku ngerasain es kelapa muda seenak ini, sekalipun itu di resto kenamaan di jakarta. sungguh, ini bukan karena laper ataupun apa, tapi ini beneran enak binggo! kelapa muda nya bener-bener kenyal (ga kemudaan dan ga ketuaan) jadi pas.


Nasi tutuk oncom



pas di buka tampilan nya emang agak kurang 'fancy' ya, hehhee. tapi soal rasa berani jamin deeeeeeh. sama sekali gak mengecewakan. di jamin mau pesen lagi dan lagi, mau balik lagi dan lagi. gambar di atas itu nasi tutuk oncom yang ku bilang tadi, jadi nasi ini adalah nasi mix antara campuran nasi berbumbu dan oseng-oseng oncom (buat yang belum tau, oncom itu ampas tahu). ada pete, sedikit ikan asin ebi, daun bawang, dan juga daun kemangi. pedes nya juaraaaaa, ini lebih enak lagi di makan waktu hangat.




Selesai makan plus ngobrol kira-kira jam setengah dua belasan. temen-temen ku yang laki-laki langsung berangkat solat jumat. dan kami yang cewe-cewe nunggu sambil masih duduk-duduk disana. berhubung saya iseng dan pengen tau kaya apa dan bagaimana cara mereka masaknya (berhubung dapur nya terbuka untuk umum *ini serius* :P) jadilah, aku muter-muter liat-liat sekaligus foto-fotin.


ruaaaaaar biasaa banyak sate nya kaaan


minta di lahap :p



tomatoes


great and knight womens :p

aku sempet nanya-nanya sama ibu-ibu yang bakar-bakarin sate ini, kata mereka kalo hari biasa (weekday dan bukan waktu liburan) warung sate ini dalam sehari menghabiskan sekitar 600 Kg daging kambing, kalo liburan ???? bisa di bayangin kaaaan!



area parkir warung sate maranggi cibungur


pokok nya, dari segi menu dijamin menurut ku gak akan mengecewakan, warung sate ini juga luas, konsep nya yang semi outdoor bikin kita ngerasa takes a broad view alias ngerasa legaaaa. angin-angin dari pepohonan malah bikin kita ngerasa on good appetite. nyamanlah pokoknya, parkiran yang cukup luas, toilet yang bersih, ada Mushola yang juga bersih dan cukup besar. bagi yang newbie kaya aku ga cukup sekali deh kesini, buat yang lagi program diet (kaya aku) mendadak lupa program-program diet dan program-program detox lain nya. hahhahaa



sebenernya masih banyak menu lain yang gak kalah enak nya, bagi yang penasaran langsung meluncur ke Jl. Raya Cibungur, Jawa Barat, ruas jalan alternatif penguhubung Jakarta-Bandung. buka pada jam 09.00 pagi sampai dengan jam 21.00 malam.



pulang yuk udah kenyang

semoga bermanfaat, terima kasih ya udah bersedia mampir membaca blog ku



Wassalam















with love
galih angel puspa mentari.



No comments:

Post a Comment